KONVERGENSI TEKNOLOGI DI INDONESIA

        Saat ini , teknologi di indonesia sangatlah berkembang pesat dari segi teknologinya , industrinya , maupun bisnis dan ekonomi . perubahan yg mendasar yaitu perubahan dari analog menjadi digital .

        Perkembangan teknologi yang semakin cepat menimbulkan adanya inovasi-inovasi baru dalam dunia teknologi ini. Hingga pada akhirnya, muncul lah apa yang dinamakan sebagai konvergensi media. Konvergensi sendiri bisa dibagi menjadi tiga hal: yang pertama konvergensi teknologi, kedua adalah konvergensi perusahaan, dan tiga, konvergensi layanan.
        Teknologi ini kemudian berkembang ketika teknologi kabel optik diperkenalkan. Para perusahaan penyedia layanan internet kemudian berlomba-lomba untuk memasang jaringan kabel optik untuk menyediakan akses internet di Indonesia. Kabel optik, yang memiliki kemampuan yang lebih besar untuk membawa data, membuat kecepatan internet bertambah. Salah satu contoh penyedia layanan jaringan ini adalah First Media.

         Teknologi ini kemudian berkembang lagi ketika wireless menggunakan jaringan 2G atau 3G muncul. Teknologi yang menggunakan jaringan telepon seluler ini mulai ramai digunakan di akhir tahun 2000an, dan penggunaannya terus bertambah sampai sekarang. Teknologi ini di masa mendatang akan berkembang menjadi teknologi 4G, lalu berkembang juga menjadi wimax. Tapi, hingga saat ini, teknologi 3G atau EVDO (untuk CDMA) masih menjadi yang terdepan dan menjadi andalan banyak orang.

          Hadirnya teknologi internet inilah yang menjadi pembuka gerbang bagi revolusi teknologi yang lebih besar lagi. Hal ini tak lepas dari salah satu fungsi/peranan internet yang mampu menghubungkan satu device dengan device/alat lainnya. Dari sinilah, revolusi teknologi bisa terjadi dengan cepat. Coba bayangkan, jika tak ada internet, apakah Blackberry sama berharganya seperti saat ini? Tanpa internet, device semacam smartphone seperti Blackberry tak ada bedanya dengan handphone biasa.

           Baiklah, mari kita kembali ke pembahasan awal kita, jenis-jenis konvergensi. Konvergensi yang pertama adalah konvergensi teknologi. Konvergensi dalam hal ini berarti bagaimana berbagai macam teknologi bisa bergabung menjadi satu dalam satu device atau satu alat. Contoh saja iPhone, sebuah device yang memungkinkan penggunanya untuk menelepon, mengirimkan pesan, mengambil gambar/video, melihat gambar/video, merekam dan mendengarkan suara, bermain games, hingga mengakses internet. Manusia semakin mungkin untuk melakukan banyak hal dengan menggunakan satu gadget atau device saja. Itulah konvergensi teknologi.
 


sumber :http://konvergensi.komunikasi.or.id/14/post/2011/09/konvergensi-teknologi-dan-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar