TEORI
GAME
Game merupakan suatu sistem
yang memiliki aturan-aturan tertentu dimana pemain akan terlibat di dalam suatu
permasalahansehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang dapat diukur yaitu
menang atau kalah (Salen & Zimmeman, 2003). Game merupakan sesuatu hal yang
dimainkan dengan suatu aturan tertentu yang biasa digunakan untuk tujuan
kesenangan dan dapat juga digunakan untuk tujuan pendidikan. Game umumnya
melibatkan stimulasi mental, fisik, atau keduanya. Banyak game yang dapat
membantu mengembangkan keterampilan praktis yang berfungsi sebagai latihan,
atau melakukan peran pendidikan, stimulational, atau psikologis.
Teori Permainan atau game theory adalah suatu cara belajar
yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun
perorangan yang menunjukkan strategi-strategi (Leyton-Brown & Shoham,
2008).
Teori permainan dapat
diklasifikasikan kedalam beberapa bagian yaitu :
1. Number of Player
Hampir
semua jenis permainan papan yang memiliki sistem pencarian langkah berbasis
algoritma pada AI hanya memiliki dua pemain. Sebagian besar bentuk dasar dari
algoritma-algoritma tersebut hanya terbatas untuk dua pemain.
2. Plies, Move and Turns
Suatu
hal umum dalam teori permainan adalah giliran (turns) seorang pemain sebagai
suatu lapisan (ply) didalam suatu permainan dan pemain yang melakukan
gilirannya dalam satu putaran disebut langkah (move).
3. The Goal of the Game
Tujuan
umum permainan berbasis strategi adalah untuk mendapatkan kemenangan. Sebagai
pemain, pemain menang jika semua lawan pemain kalah.
4. Information
Dalam
permainan papan seperti catur, Checkers, dan Go, kedua pemain mengetahui segala
sesuatu tentang kondisi dalam permainan. Pemain mengetahui hasil dari setiap
gerakan yang dilakukan dan pilihan yang akan dilakukan pemain untuk langkah
berikutnya.